Menghidupkan kembali karakter franchise film yang sudah lama mati adalah hal biasa bagi Hollywood. Ada yang sukses, ada pula yang gagal total. Entah reboot, remake atau sekuel, perkara mengusung lagi karakter ikonik memang bukan hal mudah. Salah satu yang dianggap sukses besar adalah JURASSIC WORLD (2015) yang mengajak kembali penonton masa kini merasakan kengerian diburu predator purba seperti kisah terdahulunya.

 

Dan kali ini karakter yang sempat hampir terlupakan oleh waktu adalah John Rambo. Sekedar informasi, Rambo adalah tokoh utama dari novel First Blood karangan David Morell. Dalam filmnya, karakter Rambo diperankan oleh Sylvester Stallone dan dikisahkan sebagai veteran perang Vietnam dan mantan Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat. Kendati Rambo adalah pria bermasalah, dia memiliki kemampuan bertarung tangan kosong yang hebat.

 

Filmnya sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1982 berjudul FIRST BLOOD yang mampu melambungkan nama Stallone. Sly sebagaimana dia biasa disapa, meraih popularitas secara global berkat karakter Rambo yang kuat dan penuh kharisma. Sly bahkan tercatat empat kali berperan sebagai Rambo dengan tiga sekuel lainnya yakni RAMBO: FIRST BLOOD PART II (1985), RAMBO III (1988) dan terakhir pada RAMBO (2008).

 

Sepuluh tahun berlalu, Rambo akhirnya kembali lagi menyapa penggemarnya. Pada awal Mei 2018 ini, Sly mengumumkan proyek RAMBO V yang belum memiliki judul. Jika sesuai jadwal, RAMBO V akan tayang pada September 2019 mendatang. RAMBO V dipegang oleh Millenium Films dengan produser Avi Lerner. Lerner sebelumnya sudah pernah bekerjasama dengan Sly dalam film para aktor gaek senior, THE EXPENDABLES (2010).

 

Sempat Ingin Pensiun, Stallone Jadi John Rambo Lagi

 

Kembali digarapnya sekuel Rambo setelah satu dekade tak ada kabarnya ini tentu mengejutkan dan menggembirakan banyak pihak. Pertanyaan terbesar tentu saja pada pemeran Rambo yang beruntung, kembali dimainkan oleh Sly. Sudah sangat identik, aktor gaek berusia 71 tahun itu sebetulnya sudah pernah mengungkapkan keinginannya untuk pensiun sebagai Rambo. Salah satunya adalah karena usia tua yang sudah dia jalankan kini.

 

Namun dilansir Daily Mail, Sly mengungkapkan kemantapan hatinya untuk kembali jadi Rambo. Sly tampaknya tak bisa menutupi godaan untuk kembali jadi karakter legendaris bandar togel hongkong yang sudah melambungkan namanya itu. Sama seperti empat film Rambo terdahulu, kali ini Sly kembali mengisi tanggung jawab sebagai salah satu penulis skenario.

 

Dua Sekuel Rambo Dianggap Gagal

 

Tak hanya membuat gembira para penggemar, RAMBO V juga akan jadi bukti kalau sang veteran perang itu masih mampu bersaing di tengah gempuran proyek film superhero yang jadi primadona Hollywood. Beban berat tentu ada di pundak Sly mengingat dua film terakhir Rambo bisa dibilang gagal.

 

Kesuksesan terbesar tentu dicatat oleh RAMBO: FIRST BLODD PART II yang dengan budget USD 25,5 juta mampu meraih USD 300,4 juta di seluruh dunia. Padahal film pertamanya yakni FIRST BLOOD yang dibuat dengan biaya USD 15 juta, hanya meraih USD 125,2 juta. Sayang tiga tahun semenjak kesuksesan RAMBO: FIRST BLODD PART II, RAMBO III yang dibuat dengan budget lebih besar yaitu USD 62 juta cuma mampu meraih USD 189 juta. Hasil ini membuat John Rambo baru kembali menyapa 20 tahun kemudian lewat RAMBO yang berbudget USD 50 juta dan kembali gagal karena pendapatannya melorot jadi USD 113,2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *