Reaksi dari Amien Rais yang menuding KPK mengalami pembusukan sangat disesalkan oleh berbagai pihak, karena keluar dari ucaran Amien Rais yang selama ini dikenal sangat berpengaruh dalam dunia politik.

Tanggapan YAPPIKA atas reaksi Amien Rais

Manajer advokasi aliansi masyarakat sipil untuk demokrasi menyebutkan jika tudingan yang dilontarkan oleh Amien Rais kepada KPK justru sangat tidak mendasar bahkan menjurus kepada fitnah yang keji apabila dirinya tidak dapat menunjukkan bukti kepada rakyat. Menurutnya kepercayaan rakyat togel hongkong kepada Amien Rais telah berada di titik nadir pasca dirinya tidak konsisten terhadap janjinya agar jalan kaki mulai dari Jogyakarta menuju Jakarta serta banyak juga kontroversi lainnya yang dilakukan Amien Rais.

Apabila Amien Rais yakin bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus korupsi alat kesehatan maka Amien diminta menghadapi saja proses hukumnya apabila nantinya Amien terjerat kasus hukum. Bukan malah membuat sebuah manuver politik, yang tentunya justru membuat citra dirinya semakin kurang baik di mata rakyat.

Padahal menurutnya, apabila Amien Rais ingin introfeksi maka sesungguhnya dirinya harus memperbaiki intergritas dirinya sendiri dengan jauh lebih hati-hati serta lebih selektif untuk meneriam  sumber dana yang diberikan oleh pihak lain. Posisi dirinya sebagai seorang politisi yang sangat berpengaruh tentu begitu rawan sehingga saat dirinya menerapkan ketidak hati-hatian maka hal yang terjadi saat ini akan sangat mungkin  terjadi lagi.

Apalagi langkah DPR terus menggulirkan hak angket KPK semakin memperkuat adanya dugaan untuk upaya melemahkan KPK. Manuver politik DPR pada akhir-akhir ini semakin mengaburkan dari tujuan hak angket KPK tersebut. Tentu saja rakyat lebih percaya dengan kinerja KPK karena selalu terbukti dalam pengadilan bahkan hingga mampu menyeret beberapa aktor besar diparlemen.

Sehingga menurutnya tindakan Amien Rais yang ikut memperkuat Hak Angket KPK yang digulirkan oleh DPR semakin ingin menunjukkan bahwa dirinya ikut melemahkan KPK.

 

Tanggapan LIPI terhadap reaksi yang dilakukan Amien Rais

Indria Samego sebagai Pengamat politik dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), menyayangkan sikap yang dilakukan oleh Amien rais saat namanya terseret dalam kasus korupsi yang ditangani oleh KPK dan bahkan Amien mempertanyakan integritas dari KPK. Karena menurut Amien, dirinya melihat  KPK mengalami pembusukan, dan bahkan menurutnya tindakan KPK bukan hanya tebang pilih namun juga super diskriminatif, mendengar hal tersebut banyak pihak yang sangat menyayangkan ucapan-ucapan tersebut keluar dari Amien Rais.

Menurut Indria, susah kalau telah tersangkut nama pribadi, norma sosial dan norma hukum karena akan diaduk-aduk. Melihat kasus korupsi yang menyeret Amien Rais diduga menerima dana Rp. 600 juta maka Indria menilai bahwa KPK berfilsafah seperti memakan bubur panas. Yaitu mengusut kasus korupsi yang dimulai dari mudah pembuktiannya lebih dulu dan abaikan norma-norma basa-basi politik.

Untuk itu, Indria menitip pesan kepada Amien agar secara Ksatria menghadapi tudingan dari KPK tersebut. Bukan malah memberikan penguatan terhadap pembentukan pansus untuk hak angket KPK hanya untuk membuktikan citra dari KPK dipandang rakyat selama ini.

Indria menyebutkan bahwa jangan mentang-mentang Amien Rais punya pengikut lantas tidak terima jika dirinya disentuh, dirinya juga meminta agar Amien membiarkan hukum berproses sendiri tanpa adanya intervensi sosial politik. Karena rakyat berharap KPK bisa mengusut siapapun yang memang patut untuk diusut, tanpa harus pandang bulu apabila sejauh buktinya memang mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *