Setiap orang tentu ingin tanah tempat bermukimnya merupakan Negara yang paling damai dan bahagia di dunia. Negara-negara yang berkategori damai serta bahagia dikatakan mempunyai suku bunga yang rencah, stabilitas politik yang bagus, mata uang yang kuat, dan  investasi asing yang tinggi.  Lembaga Global Peace Index (GPI) 2018 yang mempublikasikan laporan tentang Negara-negara paling damai di dunia juga melibatkan lembaga internasional yang mencatat tentang  Perdamaian serta ekonomi (Economics and Peace).

 

Survey tersebut meliputi 163 negara serta mencakup 99.7% dari penduduk seluruh dunia. Dalam menentukan peringkat ada 23 indikator yang mendasari kemudian dikelompokkan ke dalam 3 kategori. Kategori dimaksud adalah tingkat konflik dalam negeri serta internasional yang tengah terjadi, keamanan social, keselamatan social, dan sector militerisasi. Data tersebut mencerminkan gambaran yang cukup serius, yaitu penurunan perdamaian dunia sebesar 0.27% dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Keadaan dunia saat ini dapat dikatakan kurang damai bila dibandingkan dengan beberapa decade terakhir. Meskipun demikian selama 11 tahun terakhir Islandia menempati ranking pertama sebagai Negara terdamai di dunia. Tingkat kejahatan di Negara ini pun terbilang sangat kecil, yaitu hanya 1.8 pembunuhan setiap tahunnya per 100 ribu orang. Tingkat kedamaian Negara ini pun terkait dengan kinerja yang bagus pada beberapa variable makroekonomi, misalnya tingkat inflasi yang kecil serta suku bunga yang stabil dan lebih rendah.

 

Investasi asing di Islandia juga dua kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan Negara-negara lain yang juga digelari sebagai Negara damai. Kesimpulannya bila Negara yang berada di peringkat buncit atau Negara paling tidak damai mengalami pertumbuhan yang hampir sama dengan Negara yang damai hingga sangat damai maka perputaran perekonomian global akan setara atau bahkan lebih besar  dengan nilai 14 triliun dollar AS.

 

Tingkat kedamaian di Negara-negara Asia Tenggara

Sebagaimana yang dilansir dari Seasia, tingkat kedamaian Negara-negara di Asia Tenggara dijuarai oleh Singapura, sementara di posisi paling bawah adalah Filipina. Tanah air kita menempati posisi ke-55 pada tingkat dunia, dan pada skala Asia Tenggara berada di posisi ke-4 sebagai Negara yang paling damai. Alasannya adalah peningkatan kapabilitas militer di Indonesia yang terbukti dari upaya-upaya penanganan terror yang pernah terjadi.

 

Inilah daftar Negara yang paling aman di Asia Tenggara sekaligus dengan skor-nya:

Singapura ( skor: 1.382)

Malaysia (skor: 1.619)

Laos (skor: 1.821)

Indonesia (skor: 1.853)

Vietnam (skor: 1.905)

Kamboja (skor: 2.101)

Thailand (skor: 2.259)

Myanmar (skor: 2.302)

Filipina (skor: 2.512)

 

Negara paling bahagia di dunia

Berdasarkan laporan kebahagiaan dunia yang dipublikasikan oleh PBB di tahun 2018 ini menduduki peringkat pertama sebagai Negara paling bahagia di dunia adalah Finlandia, mendepak Norwegia dari gelar tersebut di tahun sebelumnya. Yang termasuk dalam Negara-negara paling bahagia umumnya memang merupakan Negara Nordik atau berada di Eropa Utara, sementara Negara-negara paling tidak bahagia adalah Negara yang mengalami perang, terutama di kawasan Afrika sub-Sahara.

 

Di tahun 2018 ini peringkat Indonesia berada di posisi 96 dari 156 negara, kalah dari Vietnam namun masih lebih unggul dibandingkan Myanmar dan Laos. Berada di peringkat paling akhir adalah Burundi Afrika dengan jumlah penduduk sekitar 11 juta. 3 besar Negara dengan penduduk paling bahagia adalah Finlandia, Norwegia, dan Denmark. Sementara mereka yang berada di posisi 10 besar masih tetap sama dengan tahun lalu namun dengan perubahan peringkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *