Walaupun sebelum sepopuler dan segegap gempita sepakbola pria, nyatanya sepakbola wanita juga terus mendapatkan perhatian. Beberapa waktu lalu, diberitakan bahwa peminat dari sekolah sepakbola di Inggris didominasi oleh anak perempuan dan ini akan menandakan sepakbola wanita meningkat. Beberapa klub besar juga sudah memiliki klub sepakbola wanitanya. Saat ini, setelah beberapa klub lain, giliran Manchester United yang mengajukan lamaran untuk bergabung dengan Women’s Super League 2 atau Liga Super Wanita 2.

Tim Wanita Baru Dibentuk

Beberapa klub elit di Liga Primer seperti Chelsea dan Manchester City telah memiliki klub sepakbola wanita. United sendiri, saat ini satu-satunya klub papan atas yang tidak memiliki tim wanita setelah membubarkan tim mereka pada tahun 2005. Namun, saat ini kondisinya berubah.Manchester United telah membentuk klub wanita baru yang saat ini sedang diperjuangkan untuk mengikuti liga bergengsi tersebut di atas.

Ya, pihak klub telah mengajukan permohonan kepada FA untuk membentuk tim wanita profesional untuk WSL2 (Women’s Super League 2), karena mereka melihat tantangan yang cukup serius dari orang-orang seperti Manchester City dan Chelsea, yang telah mendominasi permainan wanita dalam beberapa musim terakhir. Artinya, jika MU tetap diam, mereka akan tertinggal dari Chelsea dan City. Tentu ini tidak boleh terjadi.Kabarnya, skuad MU tersebut akan ditempatkan di pusat pelatihan togel hongkong bersejarah klub di The Cliff.

Terdapat sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh United pada hari Rabu berbunyi: “Manchester United telah mengajukan permohonan kepada Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) untuk membentuk tim sepakbola wanita profesional ke tingkat Women’s Super League 2.” Ada yang mengatakan; “Jika berhasil, langkah itu akan memberikan jalur karier (sepakbola) bagi para pemain yang lulus dari Klub Bakat Regional (Talent Club Regional) Wanita yang sudah lama terbentuk dan sangat sukses, dimana klun tersebut telah memperlihatkan sekitar 15 lulusannya bermain sepak bola internasional musim ini.

Akan Dibuat Sama Kuat Seperti Tim Pria

Pihak chief executive United Ed Woodward mengatakan bahwa tim wanita yang direncanakan klub akan didirkan dan dibuat “dengan gambaran dan dengan prinsip yang sama” sebagaimana tim pertama pria. Dia menjelaskan; “Kami sangat senang mengumumkan bahwa klub bermaksud untuk membentuk tim wanita profesional pertama dan telah mengajukan permohonan untuk memasuki WSL2”.

Dia melanjutkan; “FA telah memberikan dukungan yang sangat baik melalui proses dan kami percaya bahwa meluncurkan tim di WSL2 akan memberikan lebih banyak lagi lulusan kami dari Talent Club Regional kesempatan untuk membangun diri mereka sebagaimana pemain tim pertama.” Dia juga menambahkan; “Tim wanita Manchester United harus dibangun dengan citra yang sama dan dengan prinsip yang sama dengan tim pria pertama dan menawarkan pemain akademi dengan rute yang jelas untuk sepak bola tingkat atas di dalam klub.”

Pimpinan pelatih sepakbola Timnas Inggris, Phil Neville, baru-baru ini meminta United untuk membentuk tim wanita baru segera setelah mengambil alih perannya dengan tim nasional. “Aku akan mendorong mereka,” kata Neville.”Mereka memiliki program komunitas yang fantastis untuk pemain dan pelatih wanita.” Ini bisa berarti dukungan Neville cukup besar bagi United.

Neville juga mengatakan; “Ketika mereka membentuk tim perempuan mereka, itu akan menjadi tantangan bagi City, Chelsea, Arsenal, Liverpool. Klub seukuran United seharusnya menjadi pemimpin, para pionir. Saya yakin mereka bekerja untuk melakukan itu.” Tentu saja, ini akan menarik untuk diikuti ketika klub besar Liga Primer juga memiliki tim wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *